Tanggal : 01/24/2018, 14:23:39, dibaca 658 kali.

SILATURAHMI ORANG TUA SISWA SD KELAS 1 DENGAN PIHAK SEKOLAH


MEDAN (ypwp) – Sekolah bukanlah menjadi satu-satunya faktor keberhasilan pendidikan seorang anak. Ada beberapa faktor-faktor yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan pendidikan seorang siswa, salah satunya adalah orang tua (lingkungan rumah / tempat tinggal). Oleh karena itu, komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua perlu dilakukan secara intensif agar kedua pihak ini bisa sama-sama bersinergi untuk perkembangan belajar peserta didik. Komunikasi yang dilakukan harus lah berjalan dengan baik agar tidak terjadi Missed Komunikasi (kesalahpahaman). Missed Komunikasi tidak akan terjadi ketika pihak sekolah dan orangtua senantiasa membangun komunikasi yang efektif terkait perkembangan peserta didik.


Dari paparan diatas Yayasan Pendidikan Wiranusa Pratama pada tingkat SD Swasta Wira Mandiri menggelar pertemuan orangtua/wali siswa-siswi kelas I SD diruang kelas. Rabu (24/1). Pertemuan ini dihadiri oleh Pengawas Yayasan Ibunda IRIANI, AB, B.Sc.


Kepala Sekolah SD Swasta Wira Mandiri diwakili oleh M. Wirahadinusa Putrakaya Harahap selaku Wakil Kepala Sekolah, dalam sambutannya mengatakan “Pertemuan ini bertujuan agar orang tua dapat berkomunikasi langsung dengan pihak sekolah (wali kelas). Adannya pertemuan ini Orang tua bisa mendapatkan informasi yang utuh terkait perkembangan peserta didik selama belajar disekolah, Guru kelas juga mendapatkan informasi tambahan dari orang tua terkait prilaku-prilaku peserta didik dirumah dan terbangunnya komunikasi/silaturahmi yang efektif antara pihak sekolah dan orangtua”. Tentunya tradisi yang sudah baik ini harus senantiasa dilaksanakan dan ditingkatkan intensitasnya. Semuanya hanya bermuara pada perwujudan tugas dan tanggung jawab antara guru dan orang tua dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.


Pada semester genap ini SD Swasta Wira Mandiri memberikan fasilitas belajar tambahan bagi siswa-siswi yang dianggap kurang bisa dalam hal membaca, menulis dan berhitung. Belajar tambahan ini dikhususkan untuk siswa kelas I SD. Semula siswa kelas I SD pulang pukul 09.45 nantinya akan pulang jam 11.00 karena mengikuti belajar tambahan. Tambah M. Wirahadi


Pengawas Yayasan Ibunda Iriani, AB, B.Sc menjelaskan kepada seluruh orang tua akan pentingnya peran orang tua dalam pendidikan. “Orang tua memiliki banyak waktu untuk mengajarkan anaknya di rumah, sementara waktu anak disekolah hanyalah beberapa jam saja. Jadi kesuksesan seorang anak juga tergantung pada peran serta orang tua dalam mendidik.”


Kami disini memiliki target yang harus dicapai seperti, siswa kelas I SD harus sudah bisa membaca, menulis dan berhitung serta membaca Al-Qur’an. Demi tercapainya target kami ini, kami mengajak Bpk/Ibu orang tua siswa untuk ikut berperan aktif demi kemajuan anak didik khususnya demi kemajuan pendidikan umumnya. Tegas Iriani yang akrab disapa Ibunda.


Pada kesempatan ini juga Wali Kelas I SD Umi Siti Aisyah menyampaikan perkembangan siswa kelas I yang sudah cukup baik, agar kiranya dapat lebih ditingkatkan. Umi Siti Aisyah juga menghimbau kepada orang tua siswa agar lebih mengarahkan dan membimbing siswa-siswi dirumah dalam mengerjakan tugas-tugas PR yang diberikan dan memperhatikan perlengkapan belajarnya seperti, Buku, Pinsil, Setip agar dibawa setiap hari.