Tanggal : 02/06/2018, 15:57:13, dibaca 541 kali.

BARANG BEKAS DISULAP MENJADI MEDIA BELAJAR KOMUNIKASI


MEDAN (ypwp) – Pada setiap harinya kita hidup di dunia pasti tidak luput dari yang nama nya berkomunikasi. Setiap detik, menit dan jam kita pastinya berkomunikasi dengan orang-orang yang ada disekitar kita dan tidak perduli dibatasi oleh ruang maupun waktu kita masih bisa berkomunikasi. Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan oleh komunikator (sipengirim) kepada komunikan (sipenerima) melalui media sehingga tercapai tujuan yang di inginkan oleh komunikator.


Dari penjelasan diatas, siswa-siswi SD Swasta Wira Mandiri khususnya Kelas IV SD praktek dalam menyampaikan pesan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Menyampaikan Pesan melalui telepon”. Dalam hal ini Wali Kelas IV SD Umi Anita Purba, S.Pd berinisiatif untuk mengajarkan anak didik menyampaikan pesan dan membuat alat kamunikasi sederhana melalui kaleng bekas yang disambungkan dengan seutas tali. Dengan kaleng bekas ini lah anak didik dapat berkomunikasi menyampaikan pesan yang ingin disampaikan. Senin (05/2).


Sebelum memulai praktek menyampaikan pesan, anak didik dianjurkan untuk bisa membuat media komunikasinya. Media komunikasi yang terbuat dari kaleng bekas ini dirangkai oleh siswa-siswi agar bisa digunakan untuk menyampaikan pesan kepada temannya. Kegiatan ini dilakukan diruang kelas. Setelah selesai membuat media komunikasinya, barulah anak didik mempraktekkan cara menyampaikan pesan melalui media yang sudah mereka buat.


Menurut wali kelas yang sering disapa bunda oleh anak didiknya, kegiatan ini dilakukan agar anak didik bisa menyampaikan pesan kepada siapa saja. Seharusnya menyampaikan pesan ini melalui telepon, namun karena dilingkungan sekolah siswa-siswi tidak diperkenankan membawa telepon, maka saya mengambil inisiatif untuk menjadikan kaleng bekas sebagai pengganti telepon. Ujarnya.


Dilain tempat Bapak M. Cheriandiva Putra Kaya Harahap, S.Pd  selaku Kepala Sekolah mengapresiasi kegiatan ini. Kepala sekolah juga berharap kepada seluruh guru di SD Swasta Wira Mandiri agar terus berkarya dan memanfaatkan fasilitas yang ada disekeliling kita serta fasilitas yang ada disekolah.  Semoga kedepannya sekolah kita ini semakin berkembang dan berkiprah ditengah-tengah masyarakat.