Tanggal : 02/12/2018, 16:41:18, dibaca 2642 kali.

SISWA SD SWASTA WIRA MANDIRI BELAJAR MOZAIK TUSUK


MEDAN (ypwp) – Siswa-siswi SD Swasta Wira Mandiri kelas IV, belajar mewarnai dengan teknik mozaik tusuk. Mozaik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti seni dekorasi bidang dengan kepingan-kepingan bahan kertas yang disusun dan ditempelkan dengan lem perekat. Jum’at (09/2).

Mozaik tusuk ini dari bahan dasar kertas origami yang telah dipotong-potong menjadi ukuran kecil, cara membuat mozaik tusuk yaitu pertama gambar yang belum memiliki warna tersebut diberikan lem perekat kemudian potongan kertas origami tersebut diambil menggunakan tusuk gigi, kemudian ditempelkan digambar yang sudah diberikan lem. Potongan kertas origami tersebut akan memenuhi seluruh gambar yang penuh warna. Terang Umi Anita Purba, S.Pd selaku Guru Kelas.

Dalam kegiatan ini terlihat antusias anak didik yang sangat luar biasa. Ini tampak dari raut wajah mereka yang sangat senang melakukan kegiatan mozaik tusuk ini. Adapun beberapa manfaat yang akan diperoleh anak didik pada kegiatan mozaik tusuk ini, pertama siswa dapat melatih kreatifitas, melatih motorik halus, melatih emosi dan kesabaran. Selain itu, anak didik juga dilatih tanggung jawabnya yaitu anak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru tepat waktu. Tambahnya.

Ditempat terpisah Bapak M. Cheriandiva Putrakaya Harahap, S.Pd selaku Kepala Sekolah mengatakan kegiatan ini perlu ditingkatkan lagi. Masih banyak macam-macam kerajinan yang bisa diajarkan seperti Kolase, Montase, dan Quilting. Agar nantinya peserta didik bisa mengeksplorasi kreatifitas yang dimilikinya.