Tanggal : 05/12/2018, 00:27:14, dibaca 734 kali.

TRADISI PUNGGAHAN MENYAMBUT BULAN RAMADHAN DAPAT MEMPERERAT TALI SILATURAHMI


MEDAN (ypwp) – Memasuki bulan suci Ramadhan 1439 H / 2018 M banyak kita jumpai semua umat islam menyambut dan bergembira akan datangnya bulan yang suci nan berkah ini. Ada juga yang melaksanakan tradisi punggahan, Secara syar’I atau hukum syara’ dalam Islam memang tidak ada tradisi Punggahan bahkan Rasulullah SAW tidak melakukan hal itu. Meskipun tradisi punggahan tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW, tapi keberadaan tradisi ini sangat diakui oleh masyarakat.


Dalam hal ini Yayasan Pendidikan Wiranusa Pratama Medan menggelar Tradisi Punggahan dalam rangka Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1439 H. Punggahan pada tahun ini di ikuti sebanyak 200 siswa-siswi dari tingkat Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Madrasah Diniyah Awwaliyah (MDA), dan Sekolah Dasar (SD) di Komplek YPWP, Jum’at (11/5).


Punggahan ini dilaksanakan atas kerjasama guru-guru di YPWP. Pada Punggahan kali ini diawali dengan sholat dhuha berjamaah yang di imami oleh salah seorang siswa dari tingkat MDA dan dilanjutkan dengan makan bersama serta di tutup dengan doa.


Menurut salah seorang guru Bapak Ryan Ardianto “dengan ada nya punggahan ini para siswa-siswi dari mulai tingkat SD-TPA dan MDA akan lebih menjalin keakraban dan kebersamaan”. Disini kami mengajarkan indahnya kebersamaan dan saling berbagi kepada teman-temannya yang tidak membawa makanan”. Terang Ryan.


Ditempat terpisah Ketua Yayasan Bapak M. Cheriandiva Putra Kaya Harahap, S.Pd mengapresiasi kegiatan Punggahan yang digelar guru-guru YPWP. Memang pada hakikat nya Punggahan ini merupakan suatu Tradisi dan tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW, namun Tradisi Punggahan ini sudah menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Hal ini tidaklah menjadi masalah selagi kegiatan punggahan di isi dengan hal-hal yang positif dan tidak bertentangan dengan agama. Ungkap Cheriandiva.